Tinggi, Berat, Umur, Keluarga, Fakta, Biografi Kuil Shirley

Info Cepat Shirley Temple
Tinggi5 kaki 2 inci
Bobot53 kg
Tanggal lahir23 April 1928
Tanda zodiakTaurus
Warna mataCoklat tua

Shirley temple adalah seorang aktris, penyanyi, penari, pengusaha, dan diplomat Amerika yang berbakat. Dia dikenal sebagai aktris cilik favorit dari 1935 hingga 1938 yang tampil dalam film-film seperti Alibi Si Rambut Merah, Nona Kecil Marker, Sekarang Saya Akan Memberitahu, Baby Take a Bow, Sekarang dan selamanya, Mata yang cerah, Wee Willie Winkie, Heidi, Nona Kecil Broadway, Putri Kecil, dan Susannah dari Gunung. Beberapa penghargaan dan kehormatannya termasuk Kennedy Center Honors dan Screen Actors Guild Life Achievement Award.

Nama Lahir

Shirley Temple Black

Nama panggilan

Shirley

Kuil Shirley selama acara seperti yang terlihat pada tahun 1998

Tanggal lahir

Shirley Temple lahir pada tanggal 23 April 1928.

Meninggal

Shirley Temple meninggal pada usia 85 pada 10 Februari 2014, di rumahnya di Woodside, California. Menurut akta kematiannya, dia meninggal karena penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Tanda Matahari

Taurus

Tempat Lahir

Santa Monica, California, Amerika Serikat

Tempat beristirahat

Alta Mesa Memorial Park, Palo Alto, California, Amerika Serikat

Kebangsaan

Amerika

pendidikan

Ibunya mendaftarkannya Sekolah Tari Meglin di Los Angeles pada bulan September 1931.

Pendudukan

Aktris, Penyanyi, Penari, Pengusaha, Diplomat

Keluarga

  • Ayah - George Temple (Karyawan Bank)
  • Ibu - Kuil Gertrude (Ibu Rumah Tangga)
  • Saudara kandung - John Temple (Saudara), George Temple Jr. (Saudara)
  • Lainnya - James Black (Ayah Mertua) (Presiden dan Ketua Pacific Gas and Electric), Marina Black (Keponakan perempuan), Kuil Francis Marion (Kakek dari pihak ayah), Kuil Ruben / Reubin Smith-Brown (Kakek buyut dari pihak ayah), Jane W Dunham (Nenek buyut dari pihak ayah), Cynthia Fell / Flake Yeager / Yaeger (nenek dari pihak ayah), William Yeager / Yaeger (kakek buyut dari pihak ayah), Sarah Emeline Amberson (nenek buyut dari pihak ayah), Otto Julius / Charles Krieger (kakek dari pihak ibu), Karl Krieger (Kakek buyut dari pihak ibu), Wilhelmina Henkelmann / Hinckelmann (nenek buyut dari pihak ibu), Maude Elizabeth McGrath (nenek dari pihak ibu), Thomas H./Frank McGrath (kakek buyut dari pihak ibu), Amelia Charters (nenek buyut dari pihak ibu)

Aliran

Pop, Film Musikal

Instrumen

Vokal

Label

Tidak ditandatangani

Membangun

Ramping

Tinggi

5 kaki 2 inci atau 157,5 cm

Bobot

53 kg atau 117 lbs

Pacar / Pasangan

Kuil Shirley telah bertanggal -

  1. John Agar (1943–1950) - Pada tahun 1943, Shirley memulai hubungan dengan sersan Korps Udara Angkatan Darat, instruktur pelatihan fisik, dan anggota keluarga pengepakan daging Chicago, John Agar. Pasangan itu mengikat ikatan di Gereja Metodis Wilshire di Los Angeles di tengah 500 tamu pada 19 September 1945. Shirley baru berusia 17 tahun saat itu. Pasangan itu kemudian memiliki seorang putri bernama Linda Susan (lahir 30 Januari 1948). Shirley dan John muncul dalam 2 film bersama - Fort Apache (1948) dan Petualangan di Baltimore (1949). Namun, pernikahan mereka tidak berlangsung lama, dan Shirley mengajukan gugatan cerai pada 5 Desember 1949. Perceraian mereka diselesaikan pada 5 Desember 1950, dan Shirley mendapatkan hak asuh atas putri mereka.
  2. Charles Alden Black (1950-2005) - Shirley mulai berkencan dengan Charles Alden Black, seorang perwira intelijen Angkatan Laut Perang Dunia II dan penerima Silver Star, dan Asisten Presiden Perusahaan Nanas Hawaii, setelah bertemu dengannya pada Januari 1950. Itu adalah cinta pada pandangan pertama untuk Shirley ketika dia bertemu Charles di Honolulu. Pasangan itu mengikat ikatan di tengah keluarga dekat dan teman di rumah orang tua Charles di Del Monte, California pada 16 Desember 1950. Mereka dikaruniai 2 anak, seorang putra bernama Charles Alden Black Jr. (lahir 28 April 1952) dan seorang putri bernama Lori (lahir 9 April 1954). Pasangan itu menikmati kehidupan pernikahan yang bahagia sampai kematian Charles pada 4 Agustus 2005, di Woodside, California.
Kuil Shirley seperti yang terlihat pada bulan Januari 1952

Ras / Etnis

putih

Dia keturunan Jerman, Inggris, Irlandia, dan Belanda.

Warna rambut

Coklat tua

Warna mata

Coklat tua

Orientasi Seksual

Lurus

Fitur khas

  • Rambut keriting khas
  • Senyum berlesung pipit

Dukungan Merek

Shirley Temple telah mendukung atau muncul dalam iklan untuk merek-merek seperti -

  • Royal Crown Cola (1946)
  • Wheaties dan Bisquick (1935)
  • Dodge mobil (1936)
  • Tepung Sperry (1936)
  • Eksekutif Layanan Kesehatan Irlandia "National Smokers’ Quitline "(2010)
Kuil Shirley selama acara di bulan Oktober 1990

Paling Terkenal Untuk

  • Menjadi aktris cilik favorit Hollywood dari tahun 1935 hingga 1938, menggambar banyak koleksi box-office yang pernah ditampilkan dalam berbagai film termasuk Mata yang cerah (1934) sebagai Shirley Blake, Keriting Atas (1935) sebagai Elizabeth Blair, dan Heidi (1937) sebagai Heidi Kramer
  • Karir diplomatiknya saat ia mewakili Amerika Serikat dalam berbagai kesempatan di berbagai posisi seperti Duta Besar Amerika Serikat untuk Ghana dan Cekoslowakia, Kepala Protokol Amerika Serikat, dan untuk tampil di Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa yang pernah bekerja di Misi AS di bawah Duta Besar Charles W. Yost

Sebagai Penyanyi

Dia telah membawakan banyak lagu di berbagai film termasuk Di Sepatu Kayu Kecil Kami dan Ya Tuhan, Kami Puji Nama-Mu di Heidi (1937), Auld Lang Syne di Wee Willie Winkie (1937), Kereta Injil dan Hei, Apa Kata Blue Jay? di Lesung pipi (1936), Kerupuk Hewan di My Soup dan Ketika saya tumbuh di Keriting Atas (1935).

Film Pertama

Pada tahun 1932, ia membuat debut teaternya di film drama Alibi Rambut Merah sebagai Gloria Shelton.

Acara TV Pertama

Pada tahun 1954, ia membuat penampilan acara TV pertamanya sebagai 'Dirinya sendiri' di serial komedi musikal Pertunjukan Ed Sullivan.

Kuil Shirley seperti yang terlihat pada bulan Oktober 1948

Fakta Kuil Shirley

  1. Pada tahun 1932, pada usia 3 tahun, ia memulai karir filmnya.
  2. Suami keduanya Charles Blake, saat merayunya, mengakui bahwa dia belum pernah melihat filmnya.
  3. Putrinya Lori Black alias Lorax bermain gitar bass untuk band rock The Melvins.
  4. Ada banyak alasan mengapa dia mundur dari memainkan karakter utama Dorothy Gale The Wizard of Oz (1939) - satu makhluk bahwa 20th Century-Fox tidak ingin meminjamkannya ke MGM dan lainnya, bahwa Judy Garland (yang akhirnya berperan sebagai Dorothy) memiliki suara nyanyian yang lebih baik.
  5. Pada usia 7 tahun, nyawanya diasuransikan Lloyd's of London, dan salah satu syarat kontrak adalah jika dia meninggal atau cedera saat mabuk, tunjangan tidak dapat dibayarkan.
  6. Kedua putrinya lahir di rumah sakit yang sama di Santa Monica, California, dan juga dilahirkan oleh dokter yang sama yang melahirkan Shirley.
  7. Ibunya, Gertrude Temple, melakukan ikal rambutnya untuk setiap film dan gaya rambutnya tepat 56 ikal.
  8. Dia diberi pengakuan sebagai Dame of Malta, dari entitas yang tidak berafiliasi dengan Katolik Roma.
  9. Penyanyi Shirley Jones dan pembuat film Shirley MacLaine sama-sama mewarisi nama mereka setelah dia.
  10. Dia telah tampil di sampul album The Beatles Pepper’s Lonely Hearts Club Band (1967).
  11. Dia mengikuti audisi dua kali untuk berada di serial populer tahun 1930-an Gang kami tetapi gagal dalam audisi pertama, dan meskipun dia berhasil di audisi ke-2, sutradara Robert F. McGowan menolak permintaan ibu Shirley untuk meminta bayaran bintang untuk Shirley, dan akhirnya dia tidak diterima.
  12. Hiburan mingguan telah memilihnya sebagai "Bintang Film Terbesar sepanjang masa" ke-38.
  13. Di masa remajanya, dia memiliki seorang pengawal bernama Louis Dean Palmer, yang dia panggil Palmtree.
  14. Ketika Shirley menerima salah satu Penghargaan Akademi remaja pertama pada tahun 1935, penghargaan tersebut diberikan menjelang akhir pertunjukan sekitar pukul 10:00 membuatnya kelelahan dan setelah menerima penghargaannya dari aktor / penulis Irvin S. Cobb, dia berpaling ke ibunya dan bertanya, "Bu, bolehkah saya pulang sekarang?"
  15. Premier majalah dalam fitur "Our Constellation" pada tahun 2005, memasukkannya sebagai # 33 dalam daftar "Bintang Film Terbesar Sepanjang Masa".
  16. American Film Institute mendaftarkannya sebagai aktris # 18 dalam daftar "50 Legenda Layar Terbesar" mereka.
  17. Pada tahun 1939, ia menghadiahkan Walt Disney dengan Penghargaan Akademi kehormatan khusus, yang merupakan Oscar ukuran standar dengan tujuh Oscar kecil Putri Salju dan Tujuh Kurcaci (1937).
  18. Sebagai seorang anak, dia mengidolakan Bill Robinson (alias Bojangles Robinson) dan bahkan bekerja dengannya dalam 4 film.
  19. Dia dikenal sebagai salah satu presenter termuda di penghargaan Oscar setelah memberikan penghargaan "Aktris Terbaik" untuk Claudette Colbert, pada usia 6 tahun, pada tahun 1935.
  20. Dia memiliki koktail non-alkohol bernama "The Shirley Temple" yang dibuat untuk menghormatinya, dan terdiri dari ginger ale (atau 7-Up), grenadine dan jus jeruk, dihiasi dengan ceri maraschino dan sepotong lemon.
  21. Saat mencalonkan diri sebagai anggota Kongres pada tahun 1967, dia menyuarakan dengan tegas bahwa lebih banyak pasukan AS harus dikirim ke Asia Tenggara.
  22. Dia bisa melahirkan putri pertamanya secara alami, tetapi harus memilih operasi caesar untuk putra dan putrinya yang kedua.
  23. Pada 8 Februari 1960, ia menerima Bintangnya di Hollywood Walk of Fame.
  24. Setelah memimpin divisi program Festival Film San Francisco dari tahun 1964, dia mengundurkan diri pada tahun 1966 karena keberatan dengan konten "p * rnographic" dari Permainan Malam Mai Zetterling (1966).
  25. Pada tahun 1969, Presiden Richard Nixon memasukkannya sebagai delegasi ke Perserikatan Bangsa-Bangsa.
  26. Saat menjabat sebagai Asisten Khusus Ketua Dewan Presiden untuk Lingkungan, dia menjalani mastektomi radikal.
  27. Pada Mei 1974, ia dilantik sebagai salah satu anggota dewan direksi Walt Disney Productions.
  28. Pada tahun 1974, ia mengambil alih peran Duta Besar Amerika untuk Ghana dan bertugas di sana selama 2 tahun.
  29. Pada hari Minggu Paskah tahun 1936, Shirley menerima seekor kelinci hidup sebagai hadiah dari Joel McCrea.
  30. Dia adalah anggota dari Girl Scout.
  31. Buddy Ebsen menganggap Shirley sebagai sahabatnya, yang juga merupakan rekan menarinya.
  32. Pada tahun 1989, ia diangkat sebagai Duta Besar Amerika Serikat untuk Cekoslowakia.
  33. Pada tahun 1998, dia dianugerahi Penghargaan Kennedy Center yang bergengsi.
  34. Bayi buaya dari pelatih hewan, Ralph Helfer, pernah menggigit jarinya.
  35. Dia termasuk dalam seri perangko peringatan Legends of Hollywood 'forever' USA yang dikeluarkan pada tanggal 18 April 2016.
  36. Dia menjadi terikat dengan aktor Will Rogers setelah menandatangani kontrak dengan Rubah dan sedih selama berhari-hari ketika Will meninggal dalam kecelakaan pesawat.
  37. Ketika kepala studio Joseph M. Schenck yang berada di Inggris saat itu, mengetahui bagaimana Shirley dipengaruhi oleh kematian Will Rogers, dia membelikannya kuda poni dan mengirimkannya ke AS pada Ratu Mary.
  38. Pada tahun 1930-an, dia dan Jackie Cooper adalah bintang cilik paling populer.
  39. Suku Blackfoot memberinya nama India Bright Shining Star selama pembuatan filmnya Susannah of the Mounties (1939).
  40. Orang tuanya dan 20th Century-Fox tidak mengungkapkan kepada Shirley usia sebenarnya yang berkurang 2 tahun, dan kemudian ketika dia menemukan kebenaran, Shirley marah kepada orang tuanya, menyebabkan keretakan dalam keluarga Temple yang tidak pernah terselesaikan.
  41. Aktris Emily Alyn Lind memerankannya dalam film tersebut J Edgar (2011).
  42. Pada tahun 1938, Anggota Kongres Martin Dies dari House Un-American Activities Committee (HUAC) secara keliru menuduh Shirley Temple, yang saat itu baru berusia 10 tahun dan berada di puncak ketenarannya, sebagai agen Partai Komunis tanpa disadari. Namun, dengan intervensi tepat waktu Administrasi Roosevelt, tuduhan palsu segera mereda.
  43. Kuil Shirley ditampilkan sebagai karikatur di Disney's Donald Bebek film pendek The Autograph Hound (1939).
  44. Shirley menyatakan bahwa pada usia 6 tahun, dia berhenti mempercayai Sinterklas karena ketika dia dan ibunya pergi menemui Santa Clause di sebuah department store, dia meminta tanda tangannya.
  45. Barang dagangannya antara lain boneka, piring, piringan hitam, mug, topi, dan pakaian.
  46. Seiring bertambahnya usia, popularitasnya sebagai aktris memudar dan antara usia 14 hingga 21 tahun, ia hanya tampil dalam 14 film sehingga mendorongnya untuk pensiun dari film pada usia 22 tahun pada tahun 1950.
  47. Dia menerbitkan otobiografinya, Bintang Anak pada tahun 1988.
  48. Pahlawannya adalah penerbang Amelia Earhart.
  49. Shirley adalah salah satu selebritas pertama yang berbicara tentang perawatan kanker payudaranya pada tahun 1972 secara terbuka, sehingga mengurangi stigma di balik penyakit tersebut dan membantu meningkatkan kesadaran akan kanker payudara.
  50. Adegan ciuman pertamanya di layar dalam film Nona Annie Rooney (1942) melahirkan beberapa penggemar.
  51. Dia juga pernah menjabat sebagai dewan direksi Del Monte Foods, Bank Amerika, Bank of California, BANCAL Tri-State, Asuransi Dana Pemadam Kebakaran, Komisi Amerika Serikat untuk UNESCO, Asosiasi Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan Federasi Satwa Liar Nasional.
  52. Beberapa rumor yang beredar di sekitarnya menyatakan bahwa dia sebenarnya bukan anak kecil, tetapi seorang kurcaci berusia 30 tahun dengan tipe tubuh gempal, mendorong Vatikan untuk mengirim Pastor Silvio Massante untuk menyelidiki masalah tersebut karena rumor tersebut sangat lazim di Eropa.
  53. Kunjungi situs resminya @ shirleytemple.com.
  54. Dia tidak aktif di media sosial.

Gambar Unggulan oleh Unknown / www.oldtimeradiodownloads.com / Domain Publik

Tulisan Terbaru