Queen Letizia of Spain Tinggi, Berat, Usia, Pasangan, Keluarga, Biografi

Ratu Letizia dari Spanyol Info Cepat
Tinggi5 kaki 7 inci
Bobot56 kg
Tanggal lahir15 September 1972
Tanda zodiakVirgo
PasanganFelipe VI dari Spanyol

Ratu Letizia dari Spanyol adalah Ratu Spanyol sejak 19 Juni 2014, ketika suaminya Felipe VI dari Spanyol naik tahta Spanyol. Sebelum menikah dengan keluarga kerajaan, dia terkenal di Spanyol sebagai jurnalis pemenang penghargaan dan pernah bekerja untuk outlet berita terkenal seperti Bloomberg, TVE, dan CNN +. Sejak menjadi Ratu Letizia, dia telah mengabdikan waktunya untuk berbagai tujuan amal dan kesejahteraan sosial dan pada saat yang sama, telah menetapkan tujuan mode di semua acara resminya. Dia dianggap sebagai ikon gaya Spanyol dan telah memenangkan pujian karena memadukan karya desainer kelas atas dengan merek trendi dan ramah anggaran seperti Mangga dan Zara.

Nama Lahir

Letizia Ortiz Rocasolano

Nama panggilan

Ratu Letizia dari Spanyol, Putri Letizia dari Asturias, Leti

Ratu Letizia dari Spanyol pada perayaan ulang tahun kelima belas dari 20 Menit pada November 2015

Tanda Matahari

Virgo

Tempat Lahir

Oviedo, Asturias, Spanyol

Tempat tinggal

Prince’s Pavilion, Madrid, Spanyol

Kebangsaan

Orang Spanyol

pendidikan

Letizia belajar di Sekolah La Gesta dan SMA Alfonso II di kampung halamannya di Oviedo. Setelah keluarganya pindah ke Madrid, dia menghadiri Sekolah Menengah Ramiro de Maeztu.

Dia menerima gelar sarjana Jurnalisme dari Universitas Complutense Madrid. Selain itu, ia lulus dengan gelar master dalam Jurnalisme Audiovisual dari Institut Studi di Jurnalisme Audiovisual. Dia pergi ke Meksiko dan mulai mengerjakan Ph.D. tetapi kemudian menghentikan tesis doktoralnya dan kembali ke Spanyol.

Pendudukan

Ratu Spanyol

Keluarga

  • Ayah - Jesús José Ortiz Álvarez (Jurnalis)
  • Ibu - María de la Paloma Rocasolano Rodríguez (Perawat)
  • Saudara kandung - Telma Ortiz Rocasolano (Adik Perempuan), Érika Ortiz Rocasolano (Adik Perempuan) (Agen Sastra) (Meninggal karena bunuh diri pada 2007)
  • Lainnya - Ana Togores (Ibu tiri) (Jurnalis), José Luis Ortiz Velasco (Kakek Ayah) (Bekerja di Olivetti), Maria Carmen “Menchu” Álvarez del Valle (Nenek dari Ayah) (Penyiar Radio), Francisco Julio Rocasolano Camacho (Kakek Ibu) (Mekanik, Sopir Taksi), Enriqueta Rodríguez Figarredo / Figueredo (Nenek dari Ibu), Juan Carlos I dari Spanyol ( Ayah mertua) (Mantan Raja Spanyol), Ratu Sofía dari Spanyol (Ibu mertua) (Mantan Ratu Spanyol), Infanta Elena, Duchess of Lugo (Adik ipar), Jaime de Marichalar (Mantan Kakak ipar) (Mantan suami Elena), Infanta Cristina dari Spanyol (Adik ipar), Iñaki Urdangarin (Kakak ipar) (Suami Cristina) (Pemain Bola Tangan, Pengusaha), Carla Vigo Ortiz (Keponakan perempuan) (Putri Érika), Amanda Martin (Keponakan perempuan) (Putri Telma)

Membangun

Ramping

Tinggi

5 kaki 7 inci atau 170 cm

Bobot

56 kg atau 123,5 lbs

Pacar / Pasangan

Ratu Letizia dari Spanyol telah berkencan -

  1. Alonso Guerrero Pérez (1988-1999) - Alonso Guerrero Pérez, seorang penulis dan guru SMA, berpacaran selama 10 tahun dengan Letizia Ortiz sejak 1988. Pasangan jangka panjang tersebut menikah secara sipil di Almendralejo, Badajoz pada 7 Agustus 1998 Tapi dalam setahun, pernikahan mereka mulai bermasalah dan pasangan itu mengajukan gugatan cerai pada 1999.
  2. Fernando ‘Fher’ Olvera - Letizia terlibat asmara dengan vokalis band rock Meksiko Maná, Fher Olvera, selama pertengahan 1990-an. Kabarnya, jurnalis muda itu melakukan perjalanan ke Meksiko untuk tugas kerja dan jatuh cinta pada musisi tersebut setelah mewawancarainya.
  3. David Tejera (2001-2003) - Pada tahun 2001, Letizia mulai menjalin hubungan dengan sesama kolega dan penyiar olahraga, David Tejera. Keduanya segera pindah bersama tetapi Letizia diduga mengakhiri hubungan dengan Tejera setelah bertemu Felipe VI.
  4. Felipe VI dari Spanyol (2002-Sekarang) - Letizia secara resmi bertemu dengan calon Raja Spanyol di pesta makan malam yang diatur oleh teman bersama mereka Pedro Erquicia pada tahun 2002. Namun, percintaan mereka dimulai ketika mereka bertemu di Asturias, selama musim gugur 2002, di mana Letizia melaporkan tentang tenggelamnya kapal minyak Gengsi dan Felipe hadir untuk menawarkan bantuan kepada orang-orang yang terkena dampak. Setelah diam-diam berpacaran selama hampir setahun, Keluarga Kerajaan mengumumkan pertunangan mereka pada 1 November 2003, yang membuat publik Spanyol terkejut. Felipe melamar pacarnya dengan cincin pertunangan berlian 16 baguette dan sebagai gantinya, Letizia memberinya sebuah buku klasik dan sepasang kancing manset dari emas putih dan safir. Karena pernikahan pertama Letizia adalah perkawinan sipil, pembatalan resmi tidak diamanatkan untuk melanjutkan upacara Katolik. Pernikahan mereka berlangsung pada 22 Mei 2004, di Katedral Santa María la Real de la Almudena dan menarik perhatian media yang sangat besar. Gaun pengantin berkerah tinggi milik pengantin wanita dirancang oleh Manuel Pertegaz dan dilengkapi dengan kereta sepanjang 15 kaki. Itu dipadukan dengan platinum berkilau dan tiara berlian, dikenakan oleh Ratu Sofia sendiri di pernikahannya pada tahun 1962. Segera setelah itu, pasangan itu menyambut 2 putri, Leonor, Putri Asturias pada 31 Oktober 2005, dan Infanta Sofía pada 29 April 2007 Pada saat pernikahannya, Letizia menerima gelar Putri Asturias tetapi, setelah kenaikan suaminya pada 19 Juni 2014, ia dikenal sebagai Permaisuri Spanyol.
Raja Felipe VI dan Ratu Letizia dari Spanyol di Istana Nasional Mexico City pada bulan Juni 2015

Ras / Etnis

Multiras (Hispanik dan Putih)

Dia memiliki keturunan Spanyol (Aragon, Castilia, Asturian, Cantabrian), Prancis jauh, dan Catalan keturunan.

Warna rambut

Pirang Gelap

Warna mata

Hazel

Orientasi Seksual

Lurus

Fitur khas

  • Bingkai tipis dan kuat
  • Selera mode yang sempurna

Agama

Katolik Roma

Putri Asturias Letizia Ortiz Rocasolano seperti yang terlihat pada tahun 2008

Paling Terkenal Untuk

  • Menjadi Ratu Spanyol setelah suaminya, Felipe VI dari Spanyol mewarisi tahta pada 19 Juni 2014
  • Fisiknya yang ramping, penampilan yang membuat iri, dan selera mode yang sempurna yang tidak diragukan lagi membuatnya menjadi salah satu bangsawan Eropa paling glamor pada masanya.

Film Pertama

Ratu Letizia membuat debut film fitur sebagai 'Dirinya Sendiri' dalam film komedi ¡Hasta aquí hemos llegado! (Sejauh ini kami telah datang!) Pada tahun 2002. Namun, perannya tidak diakui.

Acara TV Pertama

Pada tahun 2000, Ratu Letizia membuat penampilan acara TV pertamanya sebagai 'Hostess' di acara berita Informe Semanal (Laporan mingguan).

Pelatih pribadi

Ratu Letizia dikenal mengikuti diet Perricone yang mengandalkan makanan anti-inflamasi seperti salmon segar, sayuran hijau, dan buah-buahan segar untuk memberikan nutrisi dan energi yang dibutuhkan tubuhnya. Selain itu, dia juga menghindari gula dan daging berlemak dan memulai harinya dengan sarapan telur dadar 3 butir.

Selain itu, lengannya yang kencang dan sosoknya yang ramping adalah hasil dari melakukan yoga, meditasi, Zumba, gymming, berlari, dan jalan yang kuat secara konsisten selama bertahun-tahun.

Hal Favorit Ratu Letizia dari Spanyol

  • Perancang Busana - Hugo Boss, Carolina Herrera

Sumber - PopSugar

Ratu Sofia dan Putri Letizia di Istana Kerajaan Madrid pada tahun 2009

Fakta Ratu Letizia dari Spanyol

  1. Orangtuanya bercerai pada 1999, pada tahun yang sama pernikahannya dengan suami pertamanya Alonso Guerrero Pérez berantakan. Ayahnya menikah dengan jurnalis Ana Togores pada 18 Maret 2004, hampir 2 bulan sebelum pernikahannya dengan Felipe VI dari Spanyol.
  2. Menurut laporan yang belum diverifikasi, garis keturunan dari pihak ayah dapat ditelusuri kembali ke bangsawan abad pertengahan yang menjabat sebagai Constables of Castile.
  3. Dia berbagi tanggal lahirnya dengan Pangeran Harry, Adipati Sussex yang lahir 12 tahun setelahnya pada tanggal 15 September 1984.
  4. Ratu Letizia menjalani operasi hidung pada tahun 2008 yang menurut istana, untuk memperbaiki masalah pernapasan.
  5. Sebagai seorang jurnalis, Ratu Letizia terlibat dalam peliputan berita-berita penting seperti serangan 9/11 di New York pada tahun 2001 dan perang berikutnya di Irak pada tahun 2003. Dia juga melakukan perjalanan ke Galicia untuk meliput bencana ekologi yang diakibatkan oleh tenggelamnya kapal. tanker minyak, Gengsi pada tahun 2002.
  6. Pada tahun 2000, ia menerima Penghargaan Larra dari Asosiasi Pers Madrid untuk 'Jurnalis Paling Berprestasi di bawah 30 tahun'.
  7. Dia adalah permaisuri Spanyol pertama yang berasal dari keluarga non-aristokrat. Selain itu, ia juga merupakan permaisuri pertama asal Spanyol sejak 1878 ketika Raja Alfonso XII menikahi istri pertamanya Mercedes dari Orléans.
  8. Pada 1995, jurnalis muda itu bertemu dengan pelukis Kuba Waldo Saavedra di Meksiko dan menjadi inspirasi baginya. Artis itu melukis potret topless dari naksirnya yang disebut 'La Maja' yang berakhir di sampul belakang album 1997 Liquid Dreams oleh Maná (Band rock Meksiko). Namun, pada tahun 2014, Saavedra mengklarifikasi bahwa Letizia tidak berpose untuknya, bersikeras bahwa lukisan itu adalah hasil imajinasi dan keterampilan artistiknya.
  9. Istana Spanyol menyambut aktivis LGBTQ untuk pertama kalinya selama masa pemerintahan Raja Felipe dan Ratu Letizia.
  10. Ratu Letizia disamakan dengan Kate Middleton, Duchess of Cambridge yang memiliki beberapa kesamaan dengannya. Kedua wanita itu adalah orang biasa sebelum menikah dengan keluarga kerajaan, dianggap ikon gaya dalam hak mereka sendiri, dan telah mencapai popularitas untuk menghidupkan kembali monarki dengan citra publik mereka yang dapat diakses.
  11. Kakaknya Érika Ortiz bunuh diri pada 7 Februari 2007, setelah menderita depresi. Ratu Letizia sedang hamil 6 bulan dengan anak keduanya Sofia saat itu.
  12. Ratu Letizia memiliki ketertarikan pada musik dan sastra.
  13. Pada Maret 2016, Raja dan Ratu Spanyol mendapat kecaman karena mendukung pengusaha Javier Lopez Madrid setelah dia didakwa melakukan korupsi. Belakangan, pejabat istana mengklarifikasi bahwa persahabatan mereka telah putus sehubungan dengan masalah hukum Madrid.
  14. Pada 2015, ia diangkat sebagai Duta Khusus untuk Nutrisi di Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa.
  15. Setelah suaminya naik tahta pada 2014, putri tertua mereka Leonor menjadi pewaris takhta Spanyol. Jika Leonor dinobatkan, dia akan menjadi raja wanita pertama Spanyol sejak Isabella II yang pemerintahannya berlangsung dari tahun 1833 hingga 1868.
  16. Pada April 2018, video Ratu Letizia yang bertindak memusuhi ibu mertuanya, Ratu Sofia menjadi viral. Setelah menghadiri Misa Paskah di Katedral Palma di Mallorca, ratu muda terlihat menghalangi putrinya untuk berfoto dengan nenek mereka. Pertukaran yang tegang dengan cepat diredam oleh Raja Felipe yang berdiri di dekatnya.
  17. Pada Desember 2020, ia mengirimkan barang-barang penting dan alat tes COVID-19 kepada anak-anak saat dalam perjalanan ke San Pedro Sula, Honduras. Dia telah mengunjungi daerah-daerah yang paling terpengaruh oleh Badai Eta dan Iota.
  18. Ratu Letizia tidak memiliki akun media sosial.

Gambar Unggulan oleh Diego Sinova / Comunidad de Madrid / Wikimedia / CC BY 2.0

Tulisan Terbaru